3D Google Earth

3D Google Earth

 

 

Kota Pelabuhan Hamburg Menjadi Kota Pertama Yang Ditampilkan 3D Google Earth  
Rabu, 31 Januari 2007
Geografiana.com – Tampaknya Google Earth masih akan terus melakukan inovasi, kali ini Google Earth akan menampilkan kota pelabuhan Hamburg di Jerman sebagai kota pertama dengan tampilan citra 3D (tiga dimensi).

Bagi yang suka menjelajah dunia melalui Google Earth dapat mencoba uji rilis Google melalui url: http://www.spiegel.de/international/0,1518,460429,00.html

Pengelola wilayah administrasi Hamburg menyediakan gambar bangunan yang diambil melalui sekitar 1000 foto udara yang difoto dari ketinggian 500 meter (1,640 feet). Cybercity, sebuah perusahaan spesialis modelling kota menggunakan data ini untuk menghasilkam gambar 3D dari kota Hambur. Selanjutnya hasil olahan ini akan diexport ke format Google Earth.

Image

Kesulitan yang ditemui dalam pembuatan model 3 dimensi ini adalah ketersediaan foto setiap kangunan. Untuk bisa menghasilkan model 3 dimensi yang sempurna diperlukan foto bangunan dari banyak sudut. Untuk mengatasi masalah ini maka dilakukan kerjasama dengan masyarakat untuk memberikan foto bangunan yang diperlukan.

Ini akan menjadi langkah maju untuk bisa menghasilkan tampilan virtual sebuah kota dalam 3 dimensi. Langkah ini tampaknya akan dilakukan untuk kota-kota lain di dunia. (gdnet/ms)

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s