Filipina Tangkap 76 Pelaku Pembajak Software

Depok

Dalam masalah pemberantasan software bajakan di negaranya, pemerintah Filipina mendapat kredit khusus Business Software Alliance (BSA), organisasi nirlaba yang menaungi produsen software dunia.

Pembajak Software

Hal ini setelah melihat tindak tanduk pihak berwajib Filipina yang sejak awal tahun 2007 hingga bulan Agustus telah berhasil meringkus 76 pelaku pembajak software.

Tarun Shawney, direktur BSA Asia Selatan mengatakan, meskipun tingkat pembajakan di negara tetangga Indonesia ini masih tergolong tinggi dengan 70 persen, namun pemerintahnya dianggap konsisten dalam menegakkan hukum intellectual property.

Bahkan, ia menyebut hasil yang dicapai Filipina sebagai pencapaian yang fantastis, dengan kredit khusus diberikan kepada Undang-undang anti pembajakan tahun 2005 mereka.

Sementara itu berdasarkan data The National Bureau of Investigation, yang dikutip AFP , Jumat (14/9/2007) melansir, dari tahun 2006 hingga saat ini kasus kriminal terkait penegakkan intellectual property yang telah disidangkan berjumlah 892 kasus

 

Trojan Susupi Situs Konsulat AS

Diberitakan oleh: Rillan Effendy pada September 15, 2007 2:04:55 PM (1 Pembaca)

Depok

Situs Konsulat Jenderal Amerika Serikat yang berada di St. Petersburg, Rusia, disusupi program jahat (malware). Akibatnya, pengunjung situs ini pun rawan terinfeksi.

Trojan

Namun menurut laporan dari perusahaan sekuriti Sophos, yang memonitor perkembangan serangan ini, dengan gerak cepat penyusup tersebut telah ‘dibersihkan’ dari web server yang merupakan tempat hosting domain stpetersburg.usconsulate.gov dan stpetersburg-usconsulate.ru ini.

Yang dikutip dari The Register , Sabtu (15/9/2007) melansir, serangan ini merupakan bagian dari sebuah kampanye besar yang dilakukan oleh para penjahat dunia maya yang membidik celah-celah pada web server.

Menurut analis virus dari Sophos, program jahat yang disusupi pada halaman web Konsulat Jenderal AS ini diidentifikasi sebagai Mal/ObfJS-C. Pada program jahat ini didalamnya juga terdapat script downloader Trojan yang bisa menyusupi celah komputer pengguna Internet yang mengunjungi situs yang terinfeksi ini.


 

 Radiasi Wi-Fi Ganggu Kesehatan, Hindari Hotspot Internet

Diberitakan oleh: Rillan Effendy pada September 12, 2007 10:19:45 AM (4 Pembaca)

Depok

Hotspot dengan jaringan Wireless Fiedelity (Wi-Fi) untuk akses Internet sedang digalakkan di negeri kita. Namun, di Jerman yang terjadi malah sebaliknya.

WiFi Hotspot

Kementerian Lingkungan Jerman justru memperingatkan rakyatnya sedapat mungkin menghindari penggunaan koneksi Internet secara wireless melalui Wi-Fi. Alasannya, hal ini disinyalir merupakan cara untuk menghindari resiko kesehatan yang mungkin ditimbulkan gelombang wireless tersebut.

Laporan dari The Independent mengungkapkan bahwa Kementrian Lingkungan Jerman ini telah menghimbau orang-orang untuk menghindari radiasi yang ditimbulkan Wi-Fi dengan lebih memilih menggunakan koneksi kabel Internet konvensional saja.

The Independent pun mengklaim bahwa kebijakan ini membuat Jerman tetap pada posisinya yang menganggap Wi-Fi berpengaruh negatif terhadap kesehatan.

Sebelumnya seperti dikutip dari ITNews, Rabu (12/9/2007), kelompok penentang Wi-Fi di Tottenham, Inggris juga menginginkan teknologi ini agar dilarang penggunaannya di sekolah-sekolah dengan alasan yang sama.

Gelombang radio telah digunakan untuk berbagai hal selama seratus tahun termasuk juga untuk teknologi Wi-Fi. Namun memang terdapat anggapan bahwa penggunaannya yang terus meningkat memungkinkan menyebabkan efek negatif bagi manusia.

Lebih dari 30 penelitian juga telah dilakukan untuk menyelidiki pengaruh gelombang elektromagnetik ini bagi otak. Namun, hanya tiga penelitian yang mengungkap kemungkinan dampak buruk bagi kesehatan. Itupun, penelitian ini disebut-sebut mempunyai kesalahan metodologi.

 Jaringan Komputer Pentagon Diserang Cina?

Diberitakan oleh: Rillan Effendy pada September 05, 2007 11:21:54 AM (12 Pembaca)

Depok

Serangan hacker terhadap sistem email Departemen Pertahanan Amerika Serikat, Pentagon yang terjadi bulan Juni lalu disinyalir didalangi oleh Tentara Kemerdekaan Rakyat Cina.

Tentara Cina

Dugaan ini dilaporkan oleh media The Financial Times mengutip sumber dari Pentagon. Selama ini memang dipercaya Cina selalu berusaha meyerang jaringan komputer AS untuk mendapatkan keuntungan intelijen.

Sementara juru bicara Pentagon, Mayor Patrick Ryder dalam pernyataannya menolak berkomentar tentang tuduhan ini. Dia hanya mengatakan bahwa serangan Juni lalu itu tidak berdampak fatal.

Disebutkan pula bahwa asal muasal sebenarnya dari serangan itu sulit dipastikan karena bisa saja para hacker menggunakan komputer yang bukan milik mereka untuk meluncurkan serangan. Namun diakui pula bahwa serangan terhadap Pentagon sering terjadi dengan dugaan dilakukan negara atau kelompok tertentu.

Kami tahu bahwa beberapa negara dan kelompok tertentu secara aktif mengembangkan kapabilitas (untuk menyerang Pentagon-red). Mereka ingin mendapatkan akses yang ilegal atau bahkan ingin menurunkan kemampuan jaringan sistem komputer kami,seperti dikutip dari InfoWorld, Rabu (5/8/2007).

Sementara juru bicara kementerian luar negeri Cina, Jiang Yu membantah tuduhan bahwa mereka mendalangi serangan tersebut. Mereka juga mengatakan bahwa memang ada beberapa orang yang ingin mengganggu hubungan militer antara Cina dan AS yang sedang berkembang.
 

Microsoft Berkeinginan Menaikkan Peringkat TI Indonesia

Diberitakan oleh: Rillan Effendy pada September 03, 2007 9:06:25 AM (10 Pembaca)

Depok

Dilihat dari kacamata perkembangan teknologi informasi (TI), Indonesia ternyata masih duduk di kursi paling belakang dari sedikitnya tujuh peringkat yang ada. Sangat jauh tertinggal dengan Thailand, Afrika Selatan, Singapura, Korea, terlebih lagi Amerika Serikat.

Microsoft

Dari sekitar 250 penyedia software independen (ISV) di Indonesia yang menjadi binaan Microsoft, hanya sekitar 30 di antaranya yang aktif dalam pasar TI. Itupun hanya berkutat di 60% cakupan total pasar. Padahal, pasar TI merupakan area yang menguntungkan bagi para independent software provider tersebut.

PT Microsoft Indonesia mengungkapkan, total perputaran pasar TI di Indonesia bisa mencapai US$ 1,9 miliar. Di mana tiga sektor utamanya dipegang oleh unsur perbankan, manufaktur dan telekomunikasi.

Pun, diungkapkan soal pembajakan software di Indonesia, belum ada penurunan yang signifikan. Tingkat pembajakan piranti lunak di Indonesia tercatat masih tinggi, sekitar 85 persen.

Presiden Microsoft Indonesia, Tony Chen, mengatakan, bermacam cara telah dilakukan Microsoft Indonesia sebagai upaya mengurangi pembajakan dengan melalukan seminar, edukasi mislicensing atau berdialog dengan para perusahaan mengenai lisensi, edukasi mitra ke pelanggan dan kampanye WGA atau Windows Genuine Advantage.

Tony berharap sosialisasi tersebut mampu mendorong industri lokal untuk berkembang. Ia juga mengakui bahwa sweeping merupakan salah satu langkah ekstrim yang bisa dilakukan untuk menurunkan pembajakan namun dinilai tidak menyelesaikan masalah.

Microsoft tidak akan melakukan sweeping terhadap pembajakan software karena itu tidak menyelesaikan masalah. Lagipula sweeping bukan wewenang Microsoft.

Menaikkan Posisi Indonesia

Maraknya pembajakan tak berarti membuat Microsoft tak peduli terhadap kemajuan TI Indonesia. Microsoft bahkan berkeinginan mendongkrak posisi Indonesia di kancah perkembangan TI satu peringkat ke stage berikutnya. Target ini diharapkan bisa tercapai pada Desember 2008.

Untuk mewujudkannya kami akan fokus ke peningkatan ISV (dari sisi kualitas dan kesiapan-red) dan jumlah developer profesional.

Seberapa besar peningkatan jumlah ISV yang diinginkan? Tony tidak memberikan angka pastinya. Saya berharap dari 250 ISV yang ada tersebut, semakin banyak ISV yang aktif di pasar TI mengingat baru 30 persennya yang aktif saat ini.

Soal target penurunan pembajakan ke depannya, Tony pun belum bisa memberikan angka. Yang penting bukan tingginya pembajakan, tapi seberapa besar perbaikan yang telah dilakukan. Mudah-mudahan bisa turun dua sampai tiga persen.

Untuk mengatasi pembajakan ke depannya, Tony mengatakan Microsoft akan tetap melakukan sosialisasi dan edukasi seperti yang selama ini telah dilakukan, seperti penyebaran informasi mengenai manfaat menggunakan software asli (legal) melalui seminar dan berdialog dengan pemerintah daerah terkait keuntungan menggunakan software legal.

Raih Penghargaan

Kinerja Microsoft Indonesia yang dinilai memuaskan mengantarkan perusahaan yang digawangi oleh Bill Gates ini mendapatkan penghargaan sebagai anak perusahaan dan tim kerja terbaik untuk kategori pasar negara berkembang. Penghargaan “the Best of the Best” dianugerahkan kepada Microsoft Indonesia Juli 2007 lalu oleh kantor pusat Microsoft yang berada di Redmond, Amerika Serikat.

Dari 30 negara, hanya tiga negara yang terpilih sebagai “the Best of the Best” untuk kategori small business (Indonesia), medium business (Belanda) dan large business (Kanada).

Penghargaan ini berhasil didapatkan karena pencapaian bisnis yang diraih Microsoft Indonesia (salah satu dari tim kerja bisnis terbaik dari 30 kandidat), kegiatan citizenship yang telah dilakukan Microsoft Indonesia antara lain membangun 39 CTC dan pusat pembelajaran, dukungan terhadap petani, masyarakat rural dengan akses terhadap teknologi, serta kualitas eksekusi (program citizenship, peluncuran produk, pendidikan bagi mitra dan pelanggan dan pertumbuhan bisnis.

Penghargaan ini, menurut Microsoft Indonesia, juga merupakan salah satu tanda bahwa Indonesia juga mampu berprestasi di arena global.

Tinggalkan komentar

Belum ada komentar.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s